close
Handal Media
Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress

Pada saat kita ingin membuat sebuah website menggunakan WordPress, ada kalanya kita membutuhkan slider untuk menampilkan gambar dengan animasi. Hal seperti itu adalah sebuah ekspektasi bagi orang yang ingin membangun websitenya, kebetulan sekali pada WordPress anda tidak harus susah-susah memikirkan bagaimana membuat slider dengan tampilan yang oke, karena di WordPress sudah tersedia yang namanya plugin untuk membuat slider website.


Ada berbagai macam plugin slider yang bisa dipakai sebenarnya pada WordPress, namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas 2 slider plugin yang benar-benar hasilnya bagus ketika diterapkan pada website, plugin ini sebenarnya adalah ekstensi premium, akan tetapi juga bisa digunakan dalam bentuk free, apabila anda ingin fitur yang bagus dan template yang oke dari slider tersebut, maka dianjurkan untuk membeli lisensi resmi dari plugin tersebut. Simak penjelasan dibawah ini tentang Plugin terbaik untuk membuat slider di WordPress.


Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress


Plugin slider ini tidak tersedia pada plugin store seperti plugin pada umumnya, anda harus download pada website yang menyediakan plugin ini terlebih dahulu, setelah itu baru anda upload file pluginnya ke WordPress anda. Berikut adalah daftar nama dari plugin yang saya maksud :

Plugin 1 - Slider Revolution

Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress

Slider Revolution adalah Plugin WordPress Slider yang inovatif dan responsif untuk menampilkan konten dengan cara yang indah. Baik itu Slider, Carousel, SlideShow atau bahkan seluruh Halaman Depan, dengan editor visual.

Slider Revolution bisa anda pakai dalam bentuk Free maupun Premium, untuk keunggulan fitur premium, anda akan mendapatkan fitur seperti Live Updates, Tiket Support dari themepunch langsung, serta mendapatkan free template premium dari slider revolution. Untuk harga lisensi resmi dari slider ini anda bisa mendapatkannya pada harga : 26$ untuk lisensi standart (Untuk satu domain website) dan 125$ untuk lisensi extended (dengan budle template).

Keunggulan Slider Revolution


Ada beberapa fitur yang menjadi keunggulan dari plugin slider ini, sehingga anda bisa memiliki alasan untuk memakai plugin ini pada website anda.

1. Template Slider Untuk Versi Premium

Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress

Themepunch menyediakan fitur yang namanya slider template libarary untuk digunakan oleh para user slider revolution ini, akan tetapi fitur ini hanya bisa dinikmati oleh user yang sudah membeli lisensi resmi dari themepunch.

Untuk user yang sudah membeli lisensi dari Revolution Slider otomatis akan mendapatkan Free Templates, apabila free templates masih dirasa kurang, anda bisa membeli lisensi template slider tambahan untuk mendapatkan full akses pada slider template library ini.


2. Responsive Untuk Semua Device

Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress

Slider Revolution memiliki tingkat responsive yang bagus untuk semua device, bahkan ada fitur auto size pada tiap-tiap device agar slider menyesuaikan secara otomatis pada device tertentu. Dengan demikian anda tidak perlu lagi mengatur CSS untuk responsive slider pada website anda.

3. Visual Editor


Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress

Dengan visual editor yang sudah di sesuaikan, anda bisa bekerja dengan mudah, tentunya saat anda membuat slider atau slideshow anda bisa mereview pekerjaan anda langsung pada editor slider revolution ini. Dengan tampilan menu yang mudah di operasikan juga bisa membuat orang cepat paham menggunakan slider revolution ini.

4. Performa Loading


Banyak orang ragu untuk menggunakan slider pada websitenya dikarenakan alasan lemot, namun jika anda menggunakan revolution slider anda sudah mendapatkan fitur lazy loading, sehingga untuk loading website akan lancar seperti loading web pada umumnya.


5. Import dan Export


Slider Revolution memiliki fitur untuk import dan export hasil pekerjaan dan template slider yang sudah jadi. Hal ini mempermudah anda untuk memindahkan dan menggunakan template slider anda pada website anda yang lainnya.

6. Free Update dan Premium Support


Secara rutin Themepunch melakukan update gratis secara berkala pada pluginnya ini, sehingga akan terus mempermudah penggunanya dalam memakai layanannya ini. Yang tidak kalah pentingnya adalah bantuan support yang akan mereka layani ketika anda membeli paket bantuan selama satu tahun pada plugin ini.

Pengalaman Menggunakan Revolution Slider


Selama saya membuat beberapa website menggunakan Revolution Slider hampir tidak ada kendala berarti yang dialami website, plugin tetap mendapatkan update meski dalam versi Free sekalipun. Ada beberapa hasil karya slider yang saya buat menggunakan Slider Revolution ini, jika anda ingin melihatnya silahkan cek website berikut : handalmedia.com, nailaproject.com dan putratek.com.

Plugin 2 - LayerSlider 6


Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress

LayerSlider adalah plugin yang dibuat oleh kreaturamedia dimana plugin ini merupakan platform animasi multi-fungsi premium. LayerSlider dapat digunakan untuk membuat slider, galeri gambar, slideshow dengan mind-blowing effects, landing page, blok halaman animasi, atau bahkan situs web lengkap dapat dibuat menggunakan LayerSlider 6.
LayerSlider 6 bisa digunakan secara gratis di wordpress anda, namun untuk mendapatkan fitur yang memadai anda bisa membeli lisensi resmi dari kreaturamedia dengan harga : 25$ untuk lisensi standart  dan 155$ untuk lisensi extended + 7.50$ untuk tambahan support selama 12 bulan dari kreaturamedia.



Keunggulan LayerSlider


Seperti plugin Revolution Slider, LayerSlider juga memiliki keunggulan yang bisa dijadikan alasan mengapa harus memilih plugin ini. Simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahui keunggulan dari LayerSlider.

1. Animation Engine


Fitur Animation Engine pada LayerSlider dapat membuat animasi apa saja pada website anda, dengan lebih dari 200 slide efek yang telah dibuat seperti : 
  • transitions,
  • parallax, 
  • even in 3D & Ken Burns effect,
  • hover, 
  • loop & multi-step animations playByScroll & timelines,
  • filters & layer masks,
  • random & cycle properties,
  • animate colors & common CSS properties
  • static layers & pop-out-of-slider effects

Dengan efek-efek ini akan memudahkan anda untuk membuat slide dan animasi pada website anda.

2. Visual Editor


Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress

LayerSlider juga memiliki tampilan visual editor yang mudah dipahami, custom setting yang rinci dan tampilan preview yang langsung bisa anda coba saat editing berlangsung. Tampilan visual yang sangat rinci ini akan mempermudah anda dalam membuat animasi yang anda inginkan pada website. Kemudahan lainnya seperti drag & drop visual editor, Undo dan Redo, Copy & Paste Layer, dan Tampilan editor dalam satu tampilan membuat anda kian nyaman melakukan editing pada plugin ini.


3. Premium Template

Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress

Layaknya Slider Revolution, LayerSlider juga memiliki fitur template premium yang ditampung pada LayerSlider Templates namanya. Sistem Pemakaian template juga sama dengan Revolution Slider dimana anda akan mendapatkan akses ke premium templates setelah melakukan aktivasi pada akun LayerSlider anda.


4. Responsive


Anda juga tidak perlu khawatir slider yang anda buat menggunakan layerslider ini acak-acakan ketika dibuka menggunakan device lain, karena plugin ini sudah dilengkapi dengan fitur auto-fit yang bisa membuat animasi dan slider anda bisa dibuka di berbagai device dengan tetap rapi dan indah.


5. Loading 


Untuk hal performa plugin ini tidak menguras bandwith dan SEO Friendly, Kompatibel ketika dibuka disemua browser. Jadi anda tidak perlu khawatir akan performa website anda menurun ketika memakai plugin yang satu ini. Meski tidak mengurangi performa website, tampilan slider dan animasi akan tetap sama resolusinya dengan tampilan awal yang anda buat.


6. Free Update dan Premium Support


Secara rutin Kreaturamedia melakukan update gratis secara berkala pada pluginnya ini, sehingga akan terus mempermudah penggunanya dalam memakai layanannya ini. Yang tidak kalah pentingnya adalah bantuan support yang akan mereka layani ketika anda membeli paket bantuan selama satu tahun pada plugin ini.

7. Import dan Export


Template yang sudah anda percantik pada website, bisa anda pindahkan ke website lainnya dengan fitur Export dan Import ini. Sehingga anda tidak perlu capek-capek setting satu-satu pada website yang ingin diterapkan slider atau animasi yang sama.

Pengalaman Menggunakan LayerSlider


Membuat slider menggunakan LayerSlider 6 adalah suatu yang menyenangkan karena tampilan editor yang sangat rinci dalam satu tampilan, membuat penggunanya tidak kerepotan untuk membuat sebuah karya menggunakan plugin ini. Slider yang pernah saya buat menggunakan LayerSlider ini bisa anda lihat pada website : mitsubishisidoarjo.id pada slider tersebut saya menggunakan template free dari layerslider.


Kesimpulan


Slider pada website merupakan elemen penting dalam pembuatan website, untuk menambah daya tarik dan visualisasi yang bagus. WordPress sebagai layanan website engine telah kompatibel dengan berbagai plugin, salah satunya plugin dalam pembuatan slider ini. Banyak sekali plugin slider yang bisa digunakan di wordpress, namun anda bisa mencoba kedua plugin premium diatas untuk membuat slider yang bagus dan menarik pada website anda. 

Demikian pembahasan tentang Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress ini, semoga bermanfaat, jika ada saran dan masukan terkait pembahasan ini, silahkan tinggalkan komentar pada kotak yang disediakan dibawah ini. Selamat mencoba!

Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress

Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress

Pada saat kita ingin membuat sebuah website menggunakan WordPress, ada kalanya kita membutuhkan slider untuk menampilkan gambar dengan animasi. Hal seperti itu adalah sebuah ekspektasi bagi orang yang ingin membangun websitenya, kebetulan sekali pada WordPress anda tidak harus susah-susah memikirkan bagaimana membuat slider dengan tampilan yang oke, karena di WordPress sudah tersedia yang namanya plugin untuk membuat slider website.


Ada berbagai macam plugin slider yang bisa dipakai sebenarnya pada WordPress, namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas 2 slider plugin yang benar-benar hasilnya bagus ketika diterapkan pada website, plugin ini sebenarnya adalah ekstensi premium, akan tetapi juga bisa digunakan dalam bentuk free, apabila anda ingin fitur yang bagus dan template yang oke dari slider tersebut, maka dianjurkan untuk membeli lisensi resmi dari plugin tersebut. Simak penjelasan dibawah ini tentang Plugin terbaik untuk membuat slider di WordPress.


Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress


Plugin slider ini tidak tersedia pada plugin store seperti plugin pada umumnya, anda harus download pada website yang menyediakan plugin ini terlebih dahulu, setelah itu baru anda upload file pluginnya ke WordPress anda. Berikut adalah daftar nama dari plugin yang saya maksud :

Plugin 1 - Slider Revolution

Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress

Slider Revolution adalah Plugin WordPress Slider yang inovatif dan responsif untuk menampilkan konten dengan cara yang indah. Baik itu Slider, Carousel, SlideShow atau bahkan seluruh Halaman Depan, dengan editor visual.

Slider Revolution bisa anda pakai dalam bentuk Free maupun Premium, untuk keunggulan fitur premium, anda akan mendapatkan fitur seperti Live Updates, Tiket Support dari themepunch langsung, serta mendapatkan free template premium dari slider revolution. Untuk harga lisensi resmi dari slider ini anda bisa mendapatkannya pada harga : 26$ untuk lisensi standart (Untuk satu domain website) dan 125$ untuk lisensi extended (dengan budle template).

Keunggulan Slider Revolution


Ada beberapa fitur yang menjadi keunggulan dari plugin slider ini, sehingga anda bisa memiliki alasan untuk memakai plugin ini pada website anda.

1. Template Slider Untuk Versi Premium

Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress

Themepunch menyediakan fitur yang namanya slider template libarary untuk digunakan oleh para user slider revolution ini, akan tetapi fitur ini hanya bisa dinikmati oleh user yang sudah membeli lisensi resmi dari themepunch.

Untuk user yang sudah membeli lisensi dari Revolution Slider otomatis akan mendapatkan Free Templates, apabila free templates masih dirasa kurang, anda bisa membeli lisensi template slider tambahan untuk mendapatkan full akses pada slider template library ini.


2. Responsive Untuk Semua Device

Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress

Slider Revolution memiliki tingkat responsive yang bagus untuk semua device, bahkan ada fitur auto size pada tiap-tiap device agar slider menyesuaikan secara otomatis pada device tertentu. Dengan demikian anda tidak perlu lagi mengatur CSS untuk responsive slider pada website anda.

3. Visual Editor


Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress

Dengan visual editor yang sudah di sesuaikan, anda bisa bekerja dengan mudah, tentunya saat anda membuat slider atau slideshow anda bisa mereview pekerjaan anda langsung pada editor slider revolution ini. Dengan tampilan menu yang mudah di operasikan juga bisa membuat orang cepat paham menggunakan slider revolution ini.

4. Performa Loading


Banyak orang ragu untuk menggunakan slider pada websitenya dikarenakan alasan lemot, namun jika anda menggunakan revolution slider anda sudah mendapatkan fitur lazy loading, sehingga untuk loading website akan lancar seperti loading web pada umumnya.


5. Import dan Export


Slider Revolution memiliki fitur untuk import dan export hasil pekerjaan dan template slider yang sudah jadi. Hal ini mempermudah anda untuk memindahkan dan menggunakan template slider anda pada website anda yang lainnya.

6. Free Update dan Premium Support


Secara rutin Themepunch melakukan update gratis secara berkala pada pluginnya ini, sehingga akan terus mempermudah penggunanya dalam memakai layanannya ini. Yang tidak kalah pentingnya adalah bantuan support yang akan mereka layani ketika anda membeli paket bantuan selama satu tahun pada plugin ini.

Pengalaman Menggunakan Revolution Slider


Selama saya membuat beberapa website menggunakan Revolution Slider hampir tidak ada kendala berarti yang dialami website, plugin tetap mendapatkan update meski dalam versi Free sekalipun. Ada beberapa hasil karya slider yang saya buat menggunakan Slider Revolution ini, jika anda ingin melihatnya silahkan cek website berikut : handalmedia.com, nailaproject.com dan putratek.com.

Plugin 2 - LayerSlider 6


Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress

LayerSlider adalah plugin yang dibuat oleh kreaturamedia dimana plugin ini merupakan platform animasi multi-fungsi premium. LayerSlider dapat digunakan untuk membuat slider, galeri gambar, slideshow dengan mind-blowing effects, landing page, blok halaman animasi, atau bahkan situs web lengkap dapat dibuat menggunakan LayerSlider 6.
LayerSlider 6 bisa digunakan secara gratis di wordpress anda, namun untuk mendapatkan fitur yang memadai anda bisa membeli lisensi resmi dari kreaturamedia dengan harga : 25$ untuk lisensi standart  dan 155$ untuk lisensi extended + 7.50$ untuk tambahan support selama 12 bulan dari kreaturamedia.



Keunggulan LayerSlider


Seperti plugin Revolution Slider, LayerSlider juga memiliki keunggulan yang bisa dijadikan alasan mengapa harus memilih plugin ini. Simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahui keunggulan dari LayerSlider.

1. Animation Engine


Fitur Animation Engine pada LayerSlider dapat membuat animasi apa saja pada website anda, dengan lebih dari 200 slide efek yang telah dibuat seperti : 
  • transitions,
  • parallax, 
  • even in 3D & Ken Burns effect,
  • hover, 
  • loop & multi-step animations playByScroll & timelines,
  • filters & layer masks,
  • random & cycle properties,
  • animate colors & common CSS properties
  • static layers & pop-out-of-slider effects

Dengan efek-efek ini akan memudahkan anda untuk membuat slide dan animasi pada website anda.

2. Visual Editor


Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress

LayerSlider juga memiliki tampilan visual editor yang mudah dipahami, custom setting yang rinci dan tampilan preview yang langsung bisa anda coba saat editing berlangsung. Tampilan visual yang sangat rinci ini akan mempermudah anda dalam membuat animasi yang anda inginkan pada website. Kemudahan lainnya seperti drag & drop visual editor, Undo dan Redo, Copy & Paste Layer, dan Tampilan editor dalam satu tampilan membuat anda kian nyaman melakukan editing pada plugin ini.


3. Premium Template

Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress

Layaknya Slider Revolution, LayerSlider juga memiliki fitur template premium yang ditampung pada LayerSlider Templates namanya. Sistem Pemakaian template juga sama dengan Revolution Slider dimana anda akan mendapatkan akses ke premium templates setelah melakukan aktivasi pada akun LayerSlider anda.


4. Responsive


Anda juga tidak perlu khawatir slider yang anda buat menggunakan layerslider ini acak-acakan ketika dibuka menggunakan device lain, karena plugin ini sudah dilengkapi dengan fitur auto-fit yang bisa membuat animasi dan slider anda bisa dibuka di berbagai device dengan tetap rapi dan indah.


5. Loading 


Untuk hal performa plugin ini tidak menguras bandwith dan SEO Friendly, Kompatibel ketika dibuka disemua browser. Jadi anda tidak perlu khawatir akan performa website anda menurun ketika memakai plugin yang satu ini. Meski tidak mengurangi performa website, tampilan slider dan animasi akan tetap sama resolusinya dengan tampilan awal yang anda buat.


6. Free Update dan Premium Support


Secara rutin Kreaturamedia melakukan update gratis secara berkala pada pluginnya ini, sehingga akan terus mempermudah penggunanya dalam memakai layanannya ini. Yang tidak kalah pentingnya adalah bantuan support yang akan mereka layani ketika anda membeli paket bantuan selama satu tahun pada plugin ini.

7. Import dan Export


Template yang sudah anda percantik pada website, bisa anda pindahkan ke website lainnya dengan fitur Export dan Import ini. Sehingga anda tidak perlu capek-capek setting satu-satu pada website yang ingin diterapkan slider atau animasi yang sama.

Pengalaman Menggunakan LayerSlider


Membuat slider menggunakan LayerSlider 6 adalah suatu yang menyenangkan karena tampilan editor yang sangat rinci dalam satu tampilan, membuat penggunanya tidak kerepotan untuk membuat sebuah karya menggunakan plugin ini. Slider yang pernah saya buat menggunakan LayerSlider ini bisa anda lihat pada website : mitsubishisidoarjo.id pada slider tersebut saya menggunakan template free dari layerslider.


Kesimpulan


Slider pada website merupakan elemen penting dalam pembuatan website, untuk menambah daya tarik dan visualisasi yang bagus. WordPress sebagai layanan website engine telah kompatibel dengan berbagai plugin, salah satunya plugin dalam pembuatan slider ini. Banyak sekali plugin slider yang bisa digunakan di wordpress, namun anda bisa mencoba kedua plugin premium diatas untuk membuat slider yang bagus dan menarik pada website anda. 

Demikian pembahasan tentang Plugin Terbaik Untuk Membuat Slider di WordPress ini, semoga bermanfaat, jika ada saran dan masukan terkait pembahasan ini, silahkan tinggalkan komentar pada kotak yang disediakan dibawah ini. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar