close
Handal Media
Cara Menjadi Youtuber Mulai Dari Dasar

Cara Menjadi Youtuber Mulai Dari Dasar - Youtube sekarang ini menjadi platform yang sangat populer untuk menonton video, tersedia video-video hiburan, informasi, game, dan masih banyak lagi kategori video yang tersedia di Youtube ini. Youtube berkembang sangat pesat dengan pengguna lebih dari 1 Miliar dari seluruh penjuru dunia jumlah tersebut adalah sepertiga dari pengguna internet. Ada hal menarik yang membuat Youtube ini kian menarik bagi para pengguna internet, yaitu fitur monetisasi yang disediakan oleh Youtube sendiri, dengan adanya fitur tersebut maka tak jarang orang berlomba-lomba untuk membuat konten video yang menarik pada platform ini, Youtube sudah menjadi sumber penghasilan bagi sebagian orang yang mempunyai keahlian dalam bidang pervideoan ini.


Lalu bagaimana caranya untuk menjadi seorang Youtuber? kali ini admin akan menjelaskan mulai dari dasar untuk menjadi seorang Youtuber sesuai pengalaman admin, baca artikel ini sampai habis agar anda bisa mendapatkan pengetahuan bagaimana langkah-langkah yang tepat untuk menjadi seorang Youtuber sukses.


#1 Menentukan Tema Channel YouTube


Hal dasar yang harus anda lakukan untuk menjadi Youtuber adalah menentukan tema video anda, karena tema channel yang sudah jelas, akan mempermudah pembuatan konten kedepannya, selain itu tema video anda akan membentuk subscriber yang mempunyai hobi dan pemikiran yang sama dengan anda. Akan ada interaksi antara penonton dan kreator nantinya sehingga ketika anda sudah kehabisan ide untuk membuat konten apa, subscriber akan memberikan masukan kepada anda, inilah pentingnya tema dari sebuah channel.

#2 Mulai Memahami Editing Video


Perlu anda ketahui setelah anda menemukan tema dari channel, anda harus paham cara mengedit video yang menarik, editing yang baik juga akan mendukung perkembangan channel Youtube anda kedepannya, Pahami aplikasi editing seperti After Effect, Adobe Premiere atau kalau anda masih memiliki PC yang speknya rendah bisa menggunakan aplikasi Videopad, aplikasi ini sangat mendukung editing video untuk spesifikasi yang rendah.


Baca juga : Aplikasi Yang Harus Dimiliki Youtuber Proffesional

#3 Mulai Membuat Channel Youtube


Setelah anda memahami Editing video yang sudah lumayan bagus, mulailah mendaftar ke Youtube untuk membuat channel anda, buatlah logo dan nama channel yang sesuai dengan tema video anda, dan jangan lupa buat header Youtube yang menarik juga. Buatlah nama yang unik dan gampang diingat oleh orang sesuai dengan tema video anda.


Baca jugaCara Verifikasi Channel Youtube

#4 Belajar Membuat Thumbnail Video Yang Menarik


Perlu anda ketahui bahwa sekarang banyak channel mendapatkan banyak view gara-gara thumbnailnya membuat orang penasaran, buatlah thumbnail yang unik namun masih dalam konteks sesuai dengan konten yang anda buat, agar tidak terjadi penipuan thumbnail alias "Clickbait" orang tidak akan suka dengan channel anda jika anda menganut hal yang seperti ini, akan lebih baik menampilkan thumbnail yang sesuai dengan isi video anda.

#5 Promosi Video Ke Sosial Media dan Ke Group


Setelah anda mengupload konten, agar channel anda cepat terkenal dan banyak penontonnya, lakukan promosi ke sosial media, karena di sosial media banyak sekali penghuninya, jika orang di sosial media suka dengan konten anda maka akan terjadi interaksi yang berkelanjutan terhadap channel anda, kemudian selanjutnya cobalah anda cari group di sosial media yang sesuai dengan video anda, cobalah tawarkan dan share video anda pada group tersebut, ini adalah langkah awal untuk membangun channel anda, memang tidak mudah tapi jika anda berusaha dengan baik hasilnya juga akan baik.

#6 Minta Saran Terkait Konten Anda


Ingatlah bahwa penilaian bagus tidaknya konten anda itu bukan anda yang menilainya, anda perlu masukan dari orang lain terkait konten anda tersebut, silahkan minta saran ke orang terdekat, ke subscriber anda dan ke group-group untuk mendapatkan respon dan masukan terkait konten anda.

#7 Pahami SEO Youtube


Cara Menjadi Youtuber Mulai Dari Dasar


Di Youtube juga ada yang namanya SEO, ini untuk meningkatkan posisi dan rekomendasi video anda di YouTube, pahami kata kunci judul yang biasanya umum diketikkan orang pada kolom pencarian agar video anda masuk rekomendasi saat orang mencari video pada kata kunci tersebut. Contoh jika anda membuat konten video tentang "cara menanam kangkung hidroponik" maka kata kunci tersebut yang di cantumkan pada tag, keterangan dan judul video, sehingga kata kunci anda tertarget dan mesin pencari Youtube memahaminya.

#8 Membuat Official Sosial Media untuk Channel Youtube


Membuat official sosmed merupakan langkah maju dari perkembangan channel anda, karena orang sosmed bisa berinteraksi dengan channel anda jika sedang mengunjungi profil sosmed channel anda. Hal ini akan menambah pengaruh views dan menarik subscriber ke channel Youtube anda.

#9 Pahami Aturan Pedoman Komunitas Youtube


Anda juga perlu memahami peraturan yang berlaku di Youtube, sehingaa anda tidak sembarangan dalam menggunakan sosial media Youtube ini, melakukan hal yang dilarang oleh pedoman komunitas Youtube sama dengan membunuh channel anda sendiri, karena Youtube bisa saja menonaktifkan channel youtube anda sewaktu-waktu. Peraturan komunitas Youtube saat ini sangat ketat, anda hanya diperbolehkan membuat konten yang original dan konten fair use jika ingin channel Youtube anda mendapatkan penghasilan.

Ada banyak sekali pengecualian saat ini yang menjadi faktor Youtube tidak menerima channel untuk di monetisasi, diantaranya terkait penggunaan ulang konten yang ada di Youtube itu sendiri, bahkan meski video yang kita ambil tidak memiliki Copyright. Inilah peraturan yang baru saja diterapkan oleh Youtube, cobalah baca-baca lebih dalam tentang kasus seperti ini, atau tinggalkan komentar dibawah untuk bertanya ke admin.


Baca juga : Duplikasi, Monetasi Partner Akan Dicabut Oleh YouTube

#10 Mendaftarkan Channel Youtube ke Adsense



Setelah anda memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, sekarang saatnya anda mendaftarkan channel anda ke google adsense, Google Adsense merupakan platform periklanan yang bisa diintegrasikan dengan Youtube maupun blog, cuman ada perbedaan antara adsense yang diapakai di blog sama di Youtube, jika anda ingin tahu tentang perbedaan adsense ini coba baca artikel ini perbedaan adsense hosted dan non hosted pada artikel tersebut ada penjelasan tentang perbedaan adsense blog dan youtube. Nah, jika konten anda original, dan memenuhi syarat komunitas Youtube, Youtube akan cepat merespon pengajuan periklanan pada channel anda, namun jika masih ada yang mengganjal, biasanya sampai berbulan-bulan untuk diterima oleh adsense ini.


Baca juga : Inilah Hal Yang Dapat Menghambat Monetisasi Akun YouTube Anda

#11 Menghubungkan Adsense dengan Bank Lokal


Setelah channel anda sudah mulai mendapatkan penghasilan, sekarang waktunya anda menghubungkan akun bank anda ke adsense, tujuannya untuk menampung pembayaran anda jika sudah memenuhi ambang batas pembayaran dari google adsense, ambang batas pembayaran adsense ialah RP 1.300.000, jadi jika anda ingin gajian dari adsense, harus sampai pada ambang tersebut terlebih dahulu, Cara integrasi bank lokal dengan adsense banyak sekali tutorialnya di google, jadi silahkan anda cari sendiri untuk yang satu ini.

#12 Verifikasi Alamat dari Adsense


Perlu anda tahu bahwa setelah anda mencapai penghasilan sebesar 10 U$ Dollar maka adsense akan mengirimkan PIN sebagai verifikasi alamat anda, ini bertujuan untuk menghindari adsense dari penipuan, bot dan lainnya, setelah anda melakukan verifikasi alamat ini, maka anda sudah resmi menjadi publisher adsense seutuhnya.

#13 Mendapatkan Lencana Verifikasi (Badge Verified) di Channel Youtube


Setelah anda lama berkecimpung di dunia Youtube dan mendapatkan penghasilan dari Youtube, maka tidak bisa dipungkiri target anda selanjutnya terus menambah subscriber sampai bisa mendapatkan lencana verikasi dan sliver play button dari Youtube, hal ini akan didapatkan jika channel anda sudah mencapai 100.000 subscriber, jadi silahkan anda terus upload video yang menarik agar subscriber anda terus tumbuh dan mencapai target ini.


#14 Menjadi Sultan di Youtube


Setelah anda mendapatkan subscriber yang banyak dan channel anda sudah terkenal, anda sekarang sudah tidak perlu lagi menghawatirkan masalah keuangan anda, setiap bulan pasti anda mendapatkan pemasukan dari Youtube ini, anda hanya harus terus fokus menambah subscriber. Semakin banyak subscriber maka tidak menutup kemungkinan penghasilan anda juga akan terus menanjak.


#15 Tidak Menutup Kemungkinan Jadi Artis


Jika tema video anda tentang video yang menampilkan diri anda sendiri atau vlog, tidak menutup kemungkinan anda akan memiliki fans di Youtube dan dari kepopuleran anda itu akan memberi dampak pada terkenalnya diri anda, dan akhirnya ada stasiun televisi yang ingin bekerja sama dengan anda, hal ini akan menjadikan anda seorang artis, yang awalnya syuting hanya di Youtube setelah terkenal bisa syuting di stasiun televisi.


Kesimpulan


Arttikel diatas bukan tidak mungkin bisa terjadi pada anda, semua tergantung pada usaha dan tekad yang anda perjuangkan pada channel Youtube anda, jika ingin sukses maka bersungguh-sungguhlah dalam menggarap sesuatu. Sukses itu tidak instan, butuh pengorbanan dan kegigihan untuk mencapainya. Semua itu bukan hal yang mustahil untuk dicapai.

Sudah terbukti banyak Youtuber yang jalan karirnya seperti poin-poin diatas, seperti halnya REZA ARAP, AGUNG HAPSAH, ATTA HALILINTAR, RIA RICIS dan masih banyak lagi youtuber sukses yang lainnya, artikel ini selain memberi pengetahuan, juga diharapkan memberi motivasi pada anda yang sedang ingin atau bahkan yang sedang menjalani karir di dunia Youtube. Jika ada saran, pertanyaan dan tambahan silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang sudah disediakan. Terimakasih!


Cara Menjadi Youtuber Mulai Dari Dasar

Cara Menjadi Youtuber Mulai Dari Dasar

Cara Menjadi Youtuber Mulai Dari Dasar - Youtube sekarang ini menjadi platform yang sangat populer untuk menonton video, tersedia video-video hiburan, informasi, game, dan masih banyak lagi kategori video yang tersedia di Youtube ini. Youtube berkembang sangat pesat dengan pengguna lebih dari 1 Miliar dari seluruh penjuru dunia jumlah tersebut adalah sepertiga dari pengguna internet. Ada hal menarik yang membuat Youtube ini kian menarik bagi para pengguna internet, yaitu fitur monetisasi yang disediakan oleh Youtube sendiri, dengan adanya fitur tersebut maka tak jarang orang berlomba-lomba untuk membuat konten video yang menarik pada platform ini, Youtube sudah menjadi sumber penghasilan bagi sebagian orang yang mempunyai keahlian dalam bidang pervideoan ini.


Lalu bagaimana caranya untuk menjadi seorang Youtuber? kali ini admin akan menjelaskan mulai dari dasar untuk menjadi seorang Youtuber sesuai pengalaman admin, baca artikel ini sampai habis agar anda bisa mendapatkan pengetahuan bagaimana langkah-langkah yang tepat untuk menjadi seorang Youtuber sukses.


#1 Menentukan Tema Channel YouTube


Hal dasar yang harus anda lakukan untuk menjadi Youtuber adalah menentukan tema video anda, karena tema channel yang sudah jelas, akan mempermudah pembuatan konten kedepannya, selain itu tema video anda akan membentuk subscriber yang mempunyai hobi dan pemikiran yang sama dengan anda. Akan ada interaksi antara penonton dan kreator nantinya sehingga ketika anda sudah kehabisan ide untuk membuat konten apa, subscriber akan memberikan masukan kepada anda, inilah pentingnya tema dari sebuah channel.

#2 Mulai Memahami Editing Video


Perlu anda ketahui setelah anda menemukan tema dari channel, anda harus paham cara mengedit video yang menarik, editing yang baik juga akan mendukung perkembangan channel Youtube anda kedepannya, Pahami aplikasi editing seperti After Effect, Adobe Premiere atau kalau anda masih memiliki PC yang speknya rendah bisa menggunakan aplikasi Videopad, aplikasi ini sangat mendukung editing video untuk spesifikasi yang rendah.


Baca juga : Aplikasi Yang Harus Dimiliki Youtuber Proffesional

#3 Mulai Membuat Channel Youtube


Setelah anda memahami Editing video yang sudah lumayan bagus, mulailah mendaftar ke Youtube untuk membuat channel anda, buatlah logo dan nama channel yang sesuai dengan tema video anda, dan jangan lupa buat header Youtube yang menarik juga. Buatlah nama yang unik dan gampang diingat oleh orang sesuai dengan tema video anda.


Baca jugaCara Verifikasi Channel Youtube

#4 Belajar Membuat Thumbnail Video Yang Menarik


Perlu anda ketahui bahwa sekarang banyak channel mendapatkan banyak view gara-gara thumbnailnya membuat orang penasaran, buatlah thumbnail yang unik namun masih dalam konteks sesuai dengan konten yang anda buat, agar tidak terjadi penipuan thumbnail alias "Clickbait" orang tidak akan suka dengan channel anda jika anda menganut hal yang seperti ini, akan lebih baik menampilkan thumbnail yang sesuai dengan isi video anda.

#5 Promosi Video Ke Sosial Media dan Ke Group


Setelah anda mengupload konten, agar channel anda cepat terkenal dan banyak penontonnya, lakukan promosi ke sosial media, karena di sosial media banyak sekali penghuninya, jika orang di sosial media suka dengan konten anda maka akan terjadi interaksi yang berkelanjutan terhadap channel anda, kemudian selanjutnya cobalah anda cari group di sosial media yang sesuai dengan video anda, cobalah tawarkan dan share video anda pada group tersebut, ini adalah langkah awal untuk membangun channel anda, memang tidak mudah tapi jika anda berusaha dengan baik hasilnya juga akan baik.

#6 Minta Saran Terkait Konten Anda


Ingatlah bahwa penilaian bagus tidaknya konten anda itu bukan anda yang menilainya, anda perlu masukan dari orang lain terkait konten anda tersebut, silahkan minta saran ke orang terdekat, ke subscriber anda dan ke group-group untuk mendapatkan respon dan masukan terkait konten anda.

#7 Pahami SEO Youtube


Cara Menjadi Youtuber Mulai Dari Dasar


Di Youtube juga ada yang namanya SEO, ini untuk meningkatkan posisi dan rekomendasi video anda di YouTube, pahami kata kunci judul yang biasanya umum diketikkan orang pada kolom pencarian agar video anda masuk rekomendasi saat orang mencari video pada kata kunci tersebut. Contoh jika anda membuat konten video tentang "cara menanam kangkung hidroponik" maka kata kunci tersebut yang di cantumkan pada tag, keterangan dan judul video, sehingga kata kunci anda tertarget dan mesin pencari Youtube memahaminya.

#8 Membuat Official Sosial Media untuk Channel Youtube


Membuat official sosmed merupakan langkah maju dari perkembangan channel anda, karena orang sosmed bisa berinteraksi dengan channel anda jika sedang mengunjungi profil sosmed channel anda. Hal ini akan menambah pengaruh views dan menarik subscriber ke channel Youtube anda.

#9 Pahami Aturan Pedoman Komunitas Youtube


Anda juga perlu memahami peraturan yang berlaku di Youtube, sehingaa anda tidak sembarangan dalam menggunakan sosial media Youtube ini, melakukan hal yang dilarang oleh pedoman komunitas Youtube sama dengan membunuh channel anda sendiri, karena Youtube bisa saja menonaktifkan channel youtube anda sewaktu-waktu. Peraturan komunitas Youtube saat ini sangat ketat, anda hanya diperbolehkan membuat konten yang original dan konten fair use jika ingin channel Youtube anda mendapatkan penghasilan.

Ada banyak sekali pengecualian saat ini yang menjadi faktor Youtube tidak menerima channel untuk di monetisasi, diantaranya terkait penggunaan ulang konten yang ada di Youtube itu sendiri, bahkan meski video yang kita ambil tidak memiliki Copyright. Inilah peraturan yang baru saja diterapkan oleh Youtube, cobalah baca-baca lebih dalam tentang kasus seperti ini, atau tinggalkan komentar dibawah untuk bertanya ke admin.


Baca juga : Duplikasi, Monetasi Partner Akan Dicabut Oleh YouTube

#10 Mendaftarkan Channel Youtube ke Adsense



Setelah anda memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, sekarang saatnya anda mendaftarkan channel anda ke google adsense, Google Adsense merupakan platform periklanan yang bisa diintegrasikan dengan Youtube maupun blog, cuman ada perbedaan antara adsense yang diapakai di blog sama di Youtube, jika anda ingin tahu tentang perbedaan adsense ini coba baca artikel ini perbedaan adsense hosted dan non hosted pada artikel tersebut ada penjelasan tentang perbedaan adsense blog dan youtube. Nah, jika konten anda original, dan memenuhi syarat komunitas Youtube, Youtube akan cepat merespon pengajuan periklanan pada channel anda, namun jika masih ada yang mengganjal, biasanya sampai berbulan-bulan untuk diterima oleh adsense ini.


Baca juga : Inilah Hal Yang Dapat Menghambat Monetisasi Akun YouTube Anda

#11 Menghubungkan Adsense dengan Bank Lokal


Setelah channel anda sudah mulai mendapatkan penghasilan, sekarang waktunya anda menghubungkan akun bank anda ke adsense, tujuannya untuk menampung pembayaran anda jika sudah memenuhi ambang batas pembayaran dari google adsense, ambang batas pembayaran adsense ialah RP 1.300.000, jadi jika anda ingin gajian dari adsense, harus sampai pada ambang tersebut terlebih dahulu, Cara integrasi bank lokal dengan adsense banyak sekali tutorialnya di google, jadi silahkan anda cari sendiri untuk yang satu ini.

#12 Verifikasi Alamat dari Adsense


Perlu anda tahu bahwa setelah anda mencapai penghasilan sebesar 10 U$ Dollar maka adsense akan mengirimkan PIN sebagai verifikasi alamat anda, ini bertujuan untuk menghindari adsense dari penipuan, bot dan lainnya, setelah anda melakukan verifikasi alamat ini, maka anda sudah resmi menjadi publisher adsense seutuhnya.

#13 Mendapatkan Lencana Verifikasi (Badge Verified) di Channel Youtube


Setelah anda lama berkecimpung di dunia Youtube dan mendapatkan penghasilan dari Youtube, maka tidak bisa dipungkiri target anda selanjutnya terus menambah subscriber sampai bisa mendapatkan lencana verikasi dan sliver play button dari Youtube, hal ini akan didapatkan jika channel anda sudah mencapai 100.000 subscriber, jadi silahkan anda terus upload video yang menarik agar subscriber anda terus tumbuh dan mencapai target ini.


#14 Menjadi Sultan di Youtube


Setelah anda mendapatkan subscriber yang banyak dan channel anda sudah terkenal, anda sekarang sudah tidak perlu lagi menghawatirkan masalah keuangan anda, setiap bulan pasti anda mendapatkan pemasukan dari Youtube ini, anda hanya harus terus fokus menambah subscriber. Semakin banyak subscriber maka tidak menutup kemungkinan penghasilan anda juga akan terus menanjak.


#15 Tidak Menutup Kemungkinan Jadi Artis


Jika tema video anda tentang video yang menampilkan diri anda sendiri atau vlog, tidak menutup kemungkinan anda akan memiliki fans di Youtube dan dari kepopuleran anda itu akan memberi dampak pada terkenalnya diri anda, dan akhirnya ada stasiun televisi yang ingin bekerja sama dengan anda, hal ini akan menjadikan anda seorang artis, yang awalnya syuting hanya di Youtube setelah terkenal bisa syuting di stasiun televisi.


Kesimpulan


Arttikel diatas bukan tidak mungkin bisa terjadi pada anda, semua tergantung pada usaha dan tekad yang anda perjuangkan pada channel Youtube anda, jika ingin sukses maka bersungguh-sungguhlah dalam menggarap sesuatu. Sukses itu tidak instan, butuh pengorbanan dan kegigihan untuk mencapainya. Semua itu bukan hal yang mustahil untuk dicapai.

Sudah terbukti banyak Youtuber yang jalan karirnya seperti poin-poin diatas, seperti halnya REZA ARAP, AGUNG HAPSAH, ATTA HALILINTAR, RIA RICIS dan masih banyak lagi youtuber sukses yang lainnya, artikel ini selain memberi pengetahuan, juga diharapkan memberi motivasi pada anda yang sedang ingin atau bahkan yang sedang menjalani karir di dunia Youtube. Jika ada saran, pertanyaan dan tambahan silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang sudah disediakan. Terimakasih!


Tidak ada komentar