Sebelum anda membuat program inputan keyboard, ada kalanya anda harus mengetahui terlebih dahulu yang namanya Steam standart yaitu sebagai berikut ini.
Pada Saat program Java di jalankan,terdapat tiga buah stream yang dengan sendirinya di sediakan java.ketiganya adalah:
System.in : untuk membaca data dari keyboard.
System.out : untuk mengirimkan keluaran ke layar.
System.err : biasa di gunakan untuk mengirimkan kesalahan(penanganan error).


Ketiga Stream tersebut berada pada paket java.lang, dan oleh java dengan sendirinya ketiga stream tersebut di import kepada file.java yang menggunakan(penggunaaanya tanpa memanggil kata kunci import). 
Untuk menampilkan inputan gunakan program di bawah ini.
Metode System.out untuk menampilkan teks ke layar :
Println()
Print().

Java tidak mendukung perintah sederhana untuk mamasukkan String(kata/kalimat) dari keyboard.

Untuk menampilkan  bacaan keyboard ada 3  cara yang bisa anda lakukan dalam membuat program.

1. Membaca String dari keyboard
Berikut contoh program untuk membaca String dari Keyboard
public class bacaKeyboard {   
    public static String bacaSting(){
    int kar =0;
    String karakter="";
 
       while(true){
        try {
            kar = System.in.read();
        } catch (Exception ex) {
           System.err.println("error");
        }
           if((char)kar!='\n')
           karakter=karakter+(char)kar;
           else
              break;
        }
       return karakter;
   
    }
}

Berikut adalah contoh yang kedua dari String bacaan keyboard.
public class Cek {
    static String inputan;
    public static void main(String[] args){
        System.out.println("masukkan kata : ");
        inputan=BacaKeyboard.bacaString();
        System.out.println(inputan);
    }

2. Mengimport java.util.Scanner
Di bawah ini adalah contoh dari program tersebut.
import java.util.Scanner;
public class inputScanner {
    public  static void main(String[] args){
        Scanner input=new Scanner(System.in);
        int nilai;
       
        System.out.println("silakan masukkan nilai: ");
       
        nilai=input.nextInt();
       
        System.out.println("inputannya berupa :"+nilai);
    }
}

Dalam membuat program inputan keyboard, ada beberapa tipe data inputan yang bisa anda gunakan. tipe-tipe data tersebut yakni:
Integer            : nextInt()
String             : nextLine()
Boolean         : nextBoolean()
Short integer  : nextShort()
Long integer  : nextLong()
Float              : nextFloat()

Double          : nextDouble()

3. Import javax.swing.JOptionPane
contoh programnya seperti di bawah ini.
import javax.swing.JOptionPane;
public class inputJPane {
        public static void main(String[] args){
        String input;
      String a;
        input=JOptionPane.showInputDialog("Silikan masukkan nilai nama: ");
       
        a=input;
        System.out.println(“bilangan yg di inputkan "+a);
       
        }
}

Dari ketiga jenis program yang saya tulis ini anda bisa bandingkan perbedaan dari ketiga Program tersebut. Demikian hanya ini yang bisa saya share,  semoga bermanfaat bagi kalian semua..

Mengenal 3 Jenis Inputan Keyboard Pada Pemrograman Java



Sebelum anda membuat program inputan keyboard, ada kalanya anda harus mengetahui terlebih dahulu yang namanya Steam standart yaitu sebagai berikut ini.
Pada Saat program Java di jalankan,terdapat tiga buah stream yang dengan sendirinya di sediakan java.ketiganya adalah:
System.in : untuk membaca data dari keyboard.
System.out : untuk mengirimkan keluaran ke layar.
System.err : biasa di gunakan untuk mengirimkan kesalahan(penanganan error).


Ketiga Stream tersebut berada pada paket java.lang, dan oleh java dengan sendirinya ketiga stream tersebut di import kepada file.java yang menggunakan(penggunaaanya tanpa memanggil kata kunci import). 
Untuk menampilkan inputan gunakan program di bawah ini.
Metode System.out untuk menampilkan teks ke layar :
Println()
Print().

Java tidak mendukung perintah sederhana untuk mamasukkan String(kata/kalimat) dari keyboard.

Untuk menampilkan  bacaan keyboard ada 3  cara yang bisa anda lakukan dalam membuat program.

1. Membaca String dari keyboard
Berikut contoh program untuk membaca String dari Keyboard
public class bacaKeyboard {   
    public static String bacaSting(){
    int kar =0;
    String karakter="";
 
       while(true){
        try {
            kar = System.in.read();
        } catch (Exception ex) {
           System.err.println("error");
        }
           if((char)kar!='\n')
           karakter=karakter+(char)kar;
           else
              break;
        }
       return karakter;
   
    }
}

Berikut adalah contoh yang kedua dari String bacaan keyboard.
public class Cek {
    static String inputan;
    public static void main(String[] args){
        System.out.println("masukkan kata : ");
        inputan=BacaKeyboard.bacaString();
        System.out.println(inputan);
    }

2. Mengimport java.util.Scanner
Di bawah ini adalah contoh dari program tersebut.
import java.util.Scanner;
public class inputScanner {
    public  static void main(String[] args){
        Scanner input=new Scanner(System.in);
        int nilai;
       
        System.out.println("silakan masukkan nilai: ");
       
        nilai=input.nextInt();
       
        System.out.println("inputannya berupa :"+nilai);
    }
}

Dalam membuat program inputan keyboard, ada beberapa tipe data inputan yang bisa anda gunakan. tipe-tipe data tersebut yakni:
Integer            : nextInt()
String             : nextLine()
Boolean         : nextBoolean()
Short integer  : nextShort()
Long integer  : nextLong()
Float              : nextFloat()

Double          : nextDouble()

3. Import javax.swing.JOptionPane
contoh programnya seperti di bawah ini.
import javax.swing.JOptionPane;
public class inputJPane {
        public static void main(String[] args){
        String input;
      String a;
        input=JOptionPane.showInputDialog("Silikan masukkan nilai nama: ");
       
        a=input;
        System.out.println(“bilangan yg di inputkan "+a);
       
        }
}

Dari ketiga jenis program yang saya tulis ini anda bisa bandingkan perbedaan dari ketiga Program tersebut. Demikian hanya ini yang bisa saya share,  semoga bermanfaat bagi kalian semua..

Tidak ada komentar