Sebelum anda membuat program inputan keyboard, ada kalanya anda harus mengetahui terlebih dahulu yang namanya Steam standart yaitu sebagai berikut ini.
Pada Saat program Java di
jalankan,terdapat tiga buah stream yang dengan
sendirinya di sediakan java.ketiganya adalah:
System.in : untuk membaca data dari keyboard.
System.out : untuk mengirimkan keluaran ke layar.
System.err
: biasa
di
gunakan untuk mengirimkan kesalahan(penanganan error).
Ketiga Stream tersebut berada pada paket java.lang, dan oleh java dengan sendirinya ketiga stream tersebut di import kepada file.java yang menggunakan(penggunaaanya tanpa memanggil kata kunci import).
Untuk menampilkan inputan gunakan program di bawah ini.
Metode System.out untuk menampilkan teks ke layar :
Metode System.out untuk menampilkan teks ke layar :
Println()
Print().
Java tidak mendukung perintah sederhana untuk mamasukkan String(kata/kalimat) dari keyboard.
Java tidak mendukung perintah sederhana untuk mamasukkan String(kata/kalimat) dari keyboard.
Untuk menampilkan bacaan keyboard ada 3 cara yang bisa anda lakukan dalam membuat program.
1. Membaca String dari keyboard
Berikut contoh program untuk membaca String dari Keyboard
public
class bacaKeyboard {
public static String bacaSting(){
int kar =0;
String karakter="";
while(true){
try {
kar = System.in.read();
} catch (Exception ex) {
System.err.println("error");
}
if((char)kar!='\n')
karakter=karakter+(char)kar;
else
break;
}
return karakter;
}
}
Berikut adalah contoh yang kedua dari String bacaan keyboard.
public
class Cek
{
static String inputan;
public static void main(String[] args){
System.out.println("masukkan kata : ");
inputan=BacaKeyboard.bacaString();
System.out.println(inputan);
}
2. Mengimport java.util.Scanner
Di bawah ini adalah contoh dari program tersebut.
import
java.util.Scanner;
public
class inputScanner {
public
static void main(String[] args){
Scanner input=new Scanner(System.in);
int nilai;
System.out.println("silakan masukkan nilai: ");
nilai=input.nextInt();
System.out.println("inputannya berupa :"+nilai);
}
}
Dalam membuat program inputan keyboard, ada beberapa tipe data inputan yang bisa anda gunakan. tipe-tipe data tersebut yakni:
Integer : nextInt()
String :
nextLine()
Boolean :
nextBoolean()
Short
integer : nextShort()
Long
integer : nextLong()
Float :
nextFloat()
Double :
nextDouble()
3. Import javax.swing.JOptionPane
contoh programnya seperti di bawah ini.
import
javax.swing.JOptionPane;
public
class inputJPane {
public static void main(String[] args){
String input;
String a;
input=JOptionPane.showInputDialog("Silikan masukkan nilai nama: ");
a=input;
System.out.println(“bilangan yg di inputkan "+a);
}
}
Dari ketiga jenis program yang saya tulis ini anda bisa bandingkan perbedaan dari ketiga Program tersebut. Demikian hanya ini yang bisa saya share, semoga bermanfaat bagi kalian semua..
Dari ketiga jenis program yang saya tulis ini anda bisa bandingkan perbedaan dari ketiga Program tersebut. Demikian hanya ini yang bisa saya share, semoga bermanfaat bagi kalian semua..
Tidak ada komentar