close
Pasang Iklan
Tips Agar Blog Cepat Terkenal

Memiliki blog yang dikenal banyak orang merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi orang yang memilikinya, karena karya yang berupa tulisan pada blog tersebut bisa dibaca oleh banyak orang. Namun untuk memiliki blog yang terkenal tentu tidaklah mudah, karena biasanya blog yang terkenal itu dibuat mulai bertahun-tahun yang lalu, minimal untuk memiliki blog terkenal itu membutuhkan waktu setidaknya 1.5 tahun, itupun jika blog tersebut di update terus dengan artikel yang berkualitas.

Dengan waktu yang panjang seperti itu tentu memelihara blog membutuhkan kesabaran dan ketekunan, banyak orang yang gagal menjadi blogger yang sukses dikarenakan mereka menyerah dan putus asa karena blog tak kunjung berkembang. Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa membuat blog itu cepat terkenal dan faktor-faktor ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya menjadi blogger, kemungkinan jika faktor-faktor ini diterapkan pada blog anda maka blog anda bisa semakin terkenal.

Poin-poin penjelasan tentang faktor yang bisa membuat blog cepat terkenal akan kami jelaskan dibawah ini.

Tips Agar Blog Cepat Terkenal


Membuat blog memiliki banyak pengunjung tentu memiliki faktor-faktor pendukung yang harus diimplementasikan pada blog tersebut, poin-poin dibawah ini dapat anda terapkan pada blog yang anda kelola agar blog tersebut memiliki banyak pengunjung, mulai dari faktor dasar hingga faktor SEO akan dijelaskan pada poin dibawah ini, yaitu antara lain:

1. Mendaftarkan Blog ke Webmaster Tools


Mendaftarkan blog ke webmster tools adalah langkah awal yang harus anda lakukan untuk membuat blog anda terkenal, karena tool ini disediakan oleh google memang untuk membuat artikel anda bisa diindex di mesin telusur Google. Webmaster Tools akan merayapi setiap halaman dan artikel blog anda, dengan demikian semua komponen blog anda bisa dicari dan ditemukan di mesin telusur Google ini. 

Mesin telusur itu sebenarnya tidak hanya Google saja, ada beberapa mesin telusur lain seperti mesin telusur Bing, namun saya sarankan daftarkan blog anda ke webmaster tools terlebih dahulu daripada yang lainnya, karena dengan demikian blog anda akan ada di Google yang kita tahu bahwa Google search ini adalah mesin telusur paling populer didunia saat ini.

Bagi anda yang belum tahu cara mendaftarkan blog ke webmster tools, anda dapat membaca artikel yang sudah saya buat sebelumnya dibawah ini.

Baca Juga : Cara Daftar Dan Verifikasi Blog Ke Google Webmaster Tools

2.  Membuat Official Sosmed


Membuat official sosial media adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk membuat blog anda semakin terekenal, dengan pembahasan konten atau artikel yang menarik, tidak menutup kemungkinan orang akan berkunjung ke blog anda melalui sosmed ini, meski cara seperti ini tidak memiliki pengaruh besar namun jangan remehkan efek yang bisa anda dapatkan dari sosial media ini.


3. Membuat Artikel Yang Belum Terjamah Oleh Blogger Lain


Membuat artikel yang persaingan kata kuncinya sedikit di Google merupakan salah satu cara yang ampuh untuk membuat blog semakin terkenal, karena artikel dengan peta persaingan kata kunci yang rendah akan membuat artikel yang kita tulis menempati halaman pertama di Google, hal ini bisa membuat artikel dan blog anda memiliki banyak pengunjung.

Membuat artikel dengan kata kunci yang rendah bisa anda lakukan dengan menginstall tools yang namanya SEOquake, tool ini bisa memberikan informasi terkait ranking blog setiap orang pada saat anda riset kata kunci di mesin telusur Google.

Tool ini dapat anda install melalui ekstensi tambahan pada browser yang anda gunakan, jika anda menggunakan Google Chrome silahkan anda install SEOquake ini melalui link berikut: SEOquake.

Nantinya ketika anda melakukan pencarian artikel pada mesin pencari Google, semua informasi blog akan tampil seperti pada gambar dibawah ini.


Tips Agar Blog Cepat Terkenal
Tips untuk mengetahui bahwa kata kunci (Keyword) itu termasuk dalam persaingan lemah bisa kita lihat pada saat anda mengetikkan kata kunci yang akan anda pakai itu ke mesin telusur Google seperti pada gambar diatas, contoh ketika saya mengetikkan kata kunci "Cara Mengobati Kulit Gatal" disini hasil pencarian Google menunjukkan hasil 6.500.000 artikel, hal ini menunjukkan kalau tingkat persaingan keyword masih tergolong kuat dan ketat. 

Kemudian informasi blog yang menempati halaman utama pencarian juga dapat anda lihat pada gambar diatas, peringkat blog pada Alexa Rank menunjukkan blog yang menempati urutan pertama adalah 661 seperti yang dapat anda lihat pada gambar diatas. Informasi blog akan tampil seperti pada gambar diatas ketika anda sudah menginstall ekstensi SEOquake tadi.

Menurut pengalaman saya artikel yang memiliki tingkat persaingan lemah adalah artikel yang ketika dicari di mesin telusur menunjukkan hasil pencarian yang kurang dari 500.000 hasil. Kemudian untuk persaingan blog, lihatlah informasi blog yang menempati 10 besar index Google, jika blog yang menempati urutan 10 besar index menunjukkan blog tersebut peringkatnya pada alexa rank masih keatas 1.000.000, maka bisa dipastikan kata kunci tersebut bisa anda buat artikel karena tingkat persaingan kata kunci masih lemah, dan artikel yang anda buat tersebut bisa menempati urutan pertama di Google pencarian.


4. Mengindek Artikel Secara Manual ke Search Console (Webmaster Tools)


Setelah anda membuat artikel dengan persaingan kata kunci yang lemah, untuk membuat artikel tersebut langsung bisa diindex oleh Google anda bisa melakukan index secara manual artikel tersebut ke Search Console, cara mengindek artikel secara menual dapat anda pelajari pada artikel saya sebelumnya yaitu :

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Artikel Cepat di Indeks Mesin Pencari Google

Mengingat tampilan search console sudah diperbarui, sekarang untuk mengindek artikel menjadi lebih simpel dan mudah untuk dilakukan.


5. Perhatikan SEO dan Struktur Penulisan Artikel Yang Baik


Mengingat artikel adalah senjata utama untuk membuat blog terkenal, struktur penulisan dan SEO on Page pada artikel juga harus diperhatikan, penggunaan bahasa yang baku dan mudah dipahami oleh banyak orang adalah suatu nilai tambah bagi blog anda.

SEO on Page juga bisa anda terapkan pada saat menulis artikel, seperti membenahi permalink artikel, label, deskripsi penelusuran singkat, internal link penggunaan judul seperti H1, H2, H3 dan H4

Untuk membuat permalink secara kustom di blogger anda bisa membaca artikel saya seblumnya yaitu:

Baca Juga : Cara Custom Permalink Agar Lebih SEO

Pada artikel tersebut sudah saya jelaskan bagaimana fungsi permalink dan cara menerapkannya pada artikel anda.


6.  Membuat Artikel Dengan Pembahasan Yang Panjang


Membuat artikel dengan pembahasan yang panjang juga dapat mempengaruhi blog anda cepat terkenal, bagaimana tidak, jika anda mampu menulis artikel 5x lipat atau bahkan 10x lipat lebih panjang dari pesaing blog anda, maka ada kemungkinan artikel blog anda akan diindek lebih baik dari artikel pesaing blog anda tersebut.

Karena memang sekarang artikel dengan pembahasan yang panjang, bahasa yang mengalir dan dapat dipahami dengan mudah akan lebih diutamakan oleh mesin pencari Google, usahakan ketika anda menulis artikel minimal memiliki 400 kata, sampai 2000 kata juga lebih baik.

Untuk melihat beberapa banyak kata kunci yang sudah anda tulis pada artikel anda, anda bisa memakai tool penghitung kata, disini tool yang biasa saya gunakan ada di website ini : WordCounter360

Dari tool ini anda bisa melihat jumlah kata dan karakter yang sudah anda tulis, tentu caranya dengan mencopas semua artikel yang anda tulis ke tool ini, maka baru akan tampil informasi seperti pada gambar dibawah ini.

Selain itu kita dapat melihat kata yang sering kita gunakan pada artikel tersebut, kata yang sering digunakan tentu bisa menjadi keyword bagi artikel yang kita tulis.

Tips Agar Blog Cepat Terkenal


7. Backlink


Pada poin terakhir ini adalah pengaruh dari backlink, backlink pengaruhnya sangat besar terhadap blog, setiap artikel yang di share ke sosmed akan menjadi nilai tambah SEO blog anda, namun perlu anda ketahui bahwa backlink yang murni akan lebih dihargai oleh Google.

Menyebarkan link (Backlink) yang dilakukan oleh orang lain akan lebih baik nilainya daripada backlink tersebut anda sebarkan sendiri dengan melakukan spam di berbagai sosial media, cara melakukan penyebaran backlink dengan spam seperti ini sangat tidak dianjurkan oleh mesin pencari saat ini.

Silahkan anda fokus saja membuat artikel yang unik dan menarik maka backlink itu akan datang dengan sendirinya secara murni yang dilakukan oleh pengunjung blog anda. Cara seperti ini akan sangat lebih efektif bagi perkembangan blog anda kedepannya.


Kesimpulan


Dengan berbagai tahapan poin penjelasan diatas, tentu untuk membuat blog sendiri dan menjadi blogger sukses bukanlah angan-angan semata, tips diatas sudah menjadi konsep dasar untuk membuat artikel dan mengelola blog yang baik dan benar.

Kunci utama untuk menjadikan blog anda terkenal adalah sabar dan tetap istiqomah dalam menulis artikel, karena banyak sekali blogger yang gagal karena mereka menginginkan hasil yang instan dengan usaha yang minim, tentu hal seperti ini mustahil anda dapatkan di dunia blogger.

Kemudian untuk ilmu SEO itu akan anda pahami selangkah demi langkah jika anda sudah terjun langsung ke dunia blogger, anda fokus saja terlebih dahulu pada penerapan SEO on Page agar artikel anda dapat terindex dengan baik di Google, setelah itu barulah anda menerapkan SEO off Page pada blog anda.

Demikian tentang pembahasan Tips Agar Blog Cepat Terkenal ini, bila ada tambahan dan pertanyaan terkait pembahasan ini silahkan tinggalkan komentar dibawah. Selamat mencoba!






Tips Agar Blog Cepat Terkenal

Tips Agar Blog Cepat Terkenal

Memiliki blog yang dikenal banyak orang merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi orang yang memilikinya, karena karya yang berupa tulisan pada blog tersebut bisa dibaca oleh banyak orang. Namun untuk memiliki blog yang terkenal tentu tidaklah mudah, karena biasanya blog yang terkenal itu dibuat mulai bertahun-tahun yang lalu, minimal untuk memiliki blog terkenal itu membutuhkan waktu setidaknya 1.5 tahun, itupun jika blog tersebut di update terus dengan artikel yang berkualitas.

Dengan waktu yang panjang seperti itu tentu memelihara blog membutuhkan kesabaran dan ketekunan, banyak orang yang gagal menjadi blogger yang sukses dikarenakan mereka menyerah dan putus asa karena blog tak kunjung berkembang. Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa membuat blog itu cepat terkenal dan faktor-faktor ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya menjadi blogger, kemungkinan jika faktor-faktor ini diterapkan pada blog anda maka blog anda bisa semakin terkenal.

Poin-poin penjelasan tentang faktor yang bisa membuat blog cepat terkenal akan kami jelaskan dibawah ini.

Tips Agar Blog Cepat Terkenal


Membuat blog memiliki banyak pengunjung tentu memiliki faktor-faktor pendukung yang harus diimplementasikan pada blog tersebut, poin-poin dibawah ini dapat anda terapkan pada blog yang anda kelola agar blog tersebut memiliki banyak pengunjung, mulai dari faktor dasar hingga faktor SEO akan dijelaskan pada poin dibawah ini, yaitu antara lain:

1. Mendaftarkan Blog ke Webmaster Tools


Mendaftarkan blog ke webmster tools adalah langkah awal yang harus anda lakukan untuk membuat blog anda terkenal, karena tool ini disediakan oleh google memang untuk membuat artikel anda bisa diindex di mesin telusur Google. Webmaster Tools akan merayapi setiap halaman dan artikel blog anda, dengan demikian semua komponen blog anda bisa dicari dan ditemukan di mesin telusur Google ini. 

Mesin telusur itu sebenarnya tidak hanya Google saja, ada beberapa mesin telusur lain seperti mesin telusur Bing, namun saya sarankan daftarkan blog anda ke webmaster tools terlebih dahulu daripada yang lainnya, karena dengan demikian blog anda akan ada di Google yang kita tahu bahwa Google search ini adalah mesin telusur paling populer didunia saat ini.

Bagi anda yang belum tahu cara mendaftarkan blog ke webmster tools, anda dapat membaca artikel yang sudah saya buat sebelumnya dibawah ini.

Baca Juga : Cara Daftar Dan Verifikasi Blog Ke Google Webmaster Tools

2.  Membuat Official Sosmed


Membuat official sosial media adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk membuat blog anda semakin terekenal, dengan pembahasan konten atau artikel yang menarik, tidak menutup kemungkinan orang akan berkunjung ke blog anda melalui sosmed ini, meski cara seperti ini tidak memiliki pengaruh besar namun jangan remehkan efek yang bisa anda dapatkan dari sosial media ini.


3. Membuat Artikel Yang Belum Terjamah Oleh Blogger Lain


Membuat artikel yang persaingan kata kuncinya sedikit di Google merupakan salah satu cara yang ampuh untuk membuat blog semakin terkenal, karena artikel dengan peta persaingan kata kunci yang rendah akan membuat artikel yang kita tulis menempati halaman pertama di Google, hal ini bisa membuat artikel dan blog anda memiliki banyak pengunjung.

Membuat artikel dengan kata kunci yang rendah bisa anda lakukan dengan menginstall tools yang namanya SEOquake, tool ini bisa memberikan informasi terkait ranking blog setiap orang pada saat anda riset kata kunci di mesin telusur Google.

Tool ini dapat anda install melalui ekstensi tambahan pada browser yang anda gunakan, jika anda menggunakan Google Chrome silahkan anda install SEOquake ini melalui link berikut: SEOquake.

Nantinya ketika anda melakukan pencarian artikel pada mesin pencari Google, semua informasi blog akan tampil seperti pada gambar dibawah ini.


Tips Agar Blog Cepat Terkenal
Tips untuk mengetahui bahwa kata kunci (Keyword) itu termasuk dalam persaingan lemah bisa kita lihat pada saat anda mengetikkan kata kunci yang akan anda pakai itu ke mesin telusur Google seperti pada gambar diatas, contoh ketika saya mengetikkan kata kunci "Cara Mengobati Kulit Gatal" disini hasil pencarian Google menunjukkan hasil 6.500.000 artikel, hal ini menunjukkan kalau tingkat persaingan keyword masih tergolong kuat dan ketat. 

Kemudian informasi blog yang menempati halaman utama pencarian juga dapat anda lihat pada gambar diatas, peringkat blog pada Alexa Rank menunjukkan blog yang menempati urutan pertama adalah 661 seperti yang dapat anda lihat pada gambar diatas. Informasi blog akan tampil seperti pada gambar diatas ketika anda sudah menginstall ekstensi SEOquake tadi.

Menurut pengalaman saya artikel yang memiliki tingkat persaingan lemah adalah artikel yang ketika dicari di mesin telusur menunjukkan hasil pencarian yang kurang dari 500.000 hasil. Kemudian untuk persaingan blog, lihatlah informasi blog yang menempati 10 besar index Google, jika blog yang menempati urutan 10 besar index menunjukkan blog tersebut peringkatnya pada alexa rank masih keatas 1.000.000, maka bisa dipastikan kata kunci tersebut bisa anda buat artikel karena tingkat persaingan kata kunci masih lemah, dan artikel yang anda buat tersebut bisa menempati urutan pertama di Google pencarian.


4. Mengindek Artikel Secara Manual ke Search Console (Webmaster Tools)


Setelah anda membuat artikel dengan persaingan kata kunci yang lemah, untuk membuat artikel tersebut langsung bisa diindex oleh Google anda bisa melakukan index secara manual artikel tersebut ke Search Console, cara mengindek artikel secara menual dapat anda pelajari pada artikel saya sebelumnya yaitu :

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Artikel Cepat di Indeks Mesin Pencari Google

Mengingat tampilan search console sudah diperbarui, sekarang untuk mengindek artikel menjadi lebih simpel dan mudah untuk dilakukan.


5. Perhatikan SEO dan Struktur Penulisan Artikel Yang Baik


Mengingat artikel adalah senjata utama untuk membuat blog terkenal, struktur penulisan dan SEO on Page pada artikel juga harus diperhatikan, penggunaan bahasa yang baku dan mudah dipahami oleh banyak orang adalah suatu nilai tambah bagi blog anda.

SEO on Page juga bisa anda terapkan pada saat menulis artikel, seperti membenahi permalink artikel, label, deskripsi penelusuran singkat, internal link penggunaan judul seperti H1, H2, H3 dan H4

Untuk membuat permalink secara kustom di blogger anda bisa membaca artikel saya seblumnya yaitu:

Baca Juga : Cara Custom Permalink Agar Lebih SEO

Pada artikel tersebut sudah saya jelaskan bagaimana fungsi permalink dan cara menerapkannya pada artikel anda.


6.  Membuat Artikel Dengan Pembahasan Yang Panjang


Membuat artikel dengan pembahasan yang panjang juga dapat mempengaruhi blog anda cepat terkenal, bagaimana tidak, jika anda mampu menulis artikel 5x lipat atau bahkan 10x lipat lebih panjang dari pesaing blog anda, maka ada kemungkinan artikel blog anda akan diindek lebih baik dari artikel pesaing blog anda tersebut.

Karena memang sekarang artikel dengan pembahasan yang panjang, bahasa yang mengalir dan dapat dipahami dengan mudah akan lebih diutamakan oleh mesin pencari Google, usahakan ketika anda menulis artikel minimal memiliki 400 kata, sampai 2000 kata juga lebih baik.

Untuk melihat beberapa banyak kata kunci yang sudah anda tulis pada artikel anda, anda bisa memakai tool penghitung kata, disini tool yang biasa saya gunakan ada di website ini : WordCounter360

Dari tool ini anda bisa melihat jumlah kata dan karakter yang sudah anda tulis, tentu caranya dengan mencopas semua artikel yang anda tulis ke tool ini, maka baru akan tampil informasi seperti pada gambar dibawah ini.

Selain itu kita dapat melihat kata yang sering kita gunakan pada artikel tersebut, kata yang sering digunakan tentu bisa menjadi keyword bagi artikel yang kita tulis.

Tips Agar Blog Cepat Terkenal


7. Backlink


Pada poin terakhir ini adalah pengaruh dari backlink, backlink pengaruhnya sangat besar terhadap blog, setiap artikel yang di share ke sosmed akan menjadi nilai tambah SEO blog anda, namun perlu anda ketahui bahwa backlink yang murni akan lebih dihargai oleh Google.

Menyebarkan link (Backlink) yang dilakukan oleh orang lain akan lebih baik nilainya daripada backlink tersebut anda sebarkan sendiri dengan melakukan spam di berbagai sosial media, cara melakukan penyebaran backlink dengan spam seperti ini sangat tidak dianjurkan oleh mesin pencari saat ini.

Silahkan anda fokus saja membuat artikel yang unik dan menarik maka backlink itu akan datang dengan sendirinya secara murni yang dilakukan oleh pengunjung blog anda. Cara seperti ini akan sangat lebih efektif bagi perkembangan blog anda kedepannya.


Kesimpulan


Dengan berbagai tahapan poin penjelasan diatas, tentu untuk membuat blog sendiri dan menjadi blogger sukses bukanlah angan-angan semata, tips diatas sudah menjadi konsep dasar untuk membuat artikel dan mengelola blog yang baik dan benar.

Kunci utama untuk menjadikan blog anda terkenal adalah sabar dan tetap istiqomah dalam menulis artikel, karena banyak sekali blogger yang gagal karena mereka menginginkan hasil yang instan dengan usaha yang minim, tentu hal seperti ini mustahil anda dapatkan di dunia blogger.

Kemudian untuk ilmu SEO itu akan anda pahami selangkah demi langkah jika anda sudah terjun langsung ke dunia blogger, anda fokus saja terlebih dahulu pada penerapan SEO on Page agar artikel anda dapat terindex dengan baik di Google, setelah itu barulah anda menerapkan SEO off Page pada blog anda.

Demikian tentang pembahasan Tips Agar Blog Cepat Terkenal ini, bila ada tambahan dan pertanyaan terkait pembahasan ini silahkan tinggalkan komentar dibawah. Selamat mencoba!






Tidak ada komentar