Tab Insert digunakan untuk menyisipkan
objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape,
dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link
ke file yang berada di luar dokumen, bahkan ke internet.
Secara umum perintah yang terdapat di Ribbon Insert terdiri dari 7
Group perintah yang memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di
tab ini adalah:
1. Pages
2. Tables
3. Illustrations
4. Links
5. Header & Footer
6 Text
7 Symbols
1. Fungsi Icon di Group
Pages
Cover
Page
|
digunakan
untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
|
Blank
Page
|
untuk
menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen
|
Break
Page
|
untuk
memisah suatu halaman file dokumen
|
2. Fungsi
Icon di Group Tables
Insert
Table
|
untuk
menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table
|
Draw
Table
|
untuk
menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen
|
Convert
Text to Table
|
digunakan
untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel
|
Excel
Spreadsheet
|
untuk
menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel
|
Excel
Spreadsheet
|
untuk
menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS.
Word 2010
|
3. Fungsi Icon di Group
Illustrations
Picture
|
digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer
|
Clip Art
|
untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program
|
Shapes
|
digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape
|
SmartArt
|
digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization
|
Chart
|
digunakan untuk menyisipkan diagram
|
Online Picture digunakan untuk mencari gambar secara online atau dari internet
4. Fungsi Icon di Group Links
Hyperlink
|
digunakan
untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain
|
Bookmark
|
digunakan
membuat penanda buku
|
Cross-Reference
|
digunakan
untuk membuat referensi antar file
|
5. Fungsi
Icon di Group Header & Footer
Header
|
digunakan
untuk mengatur kepala halaman suatu file
|
Footer
|
digunakan
untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file
|
Page
Number
|
digunakan
untuk melakukan setting terhadap homor halaman
|
Header digunakan untuk mengatur kop
atau kepala halaman suatu file. Biasanya suatu dokumen resmi perlu dibubuhi kop
dari suatu organisasi. Dengan fasilitas Header tersebut, user dapat memberikan
serta mengatur format header. Disitu terdapat beberapa format Header yang sudah
built-in. User dapat memilih salah satunya yang sesuai.
Footer digunakan untuk mengatur
atribut suatu halaman berupa kaki halaman. Biasanya di bagian footer berisi
nomor halaman serta atribut komplementer lainnya. Seperti halnya header, Footer
juga berisi pilihan mengenai format Footer sehingga user tinggal memilih serta
melakukan setting seperlunya. Kesamaan antara header dan Footer adalah: jika
user sudah membubuhkan keduanya di halaman tertentu maka Header dan Footer di
halaman lainnya akan persis sama.
6. Fungsi Icon di Group Text
Text
Box
|
digunakan
untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks
|
Quick
Parts
|
digunakan
untuk mengatur teks otomatis dll
|
WordArt
|
digunakan
untuk menyisipkan teks bergaya artistik
|
Drop
Cap
|
digunakan
untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf
|
Signature
Line
|
digunakan
untuk menyisipkan tanda tangan digital
|
Date
& Time
|
digunakan
untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini
|
Object
|
digunakan
untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)
|
Text Box berfungsi untuk menyisipkan
kotak teks sesuai dengan pilihan yang tersedia di menu tersebut. dengan ini
user tidak perlu menyisipkan objek Shape yang kemudian di-Add text. Disini user
juga bisa melakukan setting seperlunya terhadap Text Box yang telah disisipkan.
Quick Parts merupakan menu yang menyediakan perintah-perintah, antara lain :
(1) Autotext digunakan untuk mengatur teks
otomatis,
(2) Document Property untuk mengatur atribut
dokumen.
(3) Field digunakan untuk menyisipkan Field
atau judul tabel [dapat diset sebagai nomor otomatis sebagaimana di Access dan
di Excel]
(4) Building Blocks Organizer digunakan untuk
mengatur seputar partikulasi Quick Parts
(5) Save Selection to Quick Parts Gallery
digunakan untuk menyimpan pemformatan dari teks terpilih ke dalam Quick parts
Gallery.
WordArt digunakan untuk menyisipkan
teks bergaya artistik. Dengan fasilitas ini user bisa menyisipkan
tulisan-tulisan artistik 3 dimensi dan efek-efek lainnya.
Drop Cap digunakan untuk menysipkan
huruf kapital dengan ukuran lebih besar di awal suatu paragraf. Disini
lagi-lagi user disuguhi menu pilihan untuk mengambil salah satu bentuk Drop Cap
yang diinginkan.
Signature Line digunakan untuk menyisipkan anda tangan digital melalui layanan
khusus yang disediakan Microsoft Corporation.
Date & Time digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini sesuai
dengan tanggal dan waktu yang berlaku dalam sistem. dengan ini user tidak perlu
lagi mengutak-atik kalender atau bahkan membeli jam tangan hanya untuk
membubuhkan tanggal dan waktu di surat undangan. Gunakan perintah ini untuk
memasukkan waktu dan tanggal terkini di komputer.
Object digunakan untuk menyisipkan
objek embedded, berupa objek yang dapat dprogram sehingga dapat menjalankan
script tertentu. Objek yang dapat disisipkan dari perintah ini harus berupa
objek dengan ekstensi OLE atau Object Linked Embedded.
7. Fungsi
Icon di Group Symbols
Equation
|
digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan,
terutama dalam bidang matematika.
|
Symbol
|
digunakan
untuk menyisipkan karakter khusus
|
Demikian yang bisa saya share semoga bermanfaat bagi anda.
Tidak ada komentar